M. Arief Wicaksono

(gambar 1. Alat-alat pada Sistem reproduksi Laki-laki)

Ø Setelah kalian memperhatikan gambar diatas, dapatkah kalian menyebutkan macam-macam organ penyusun sistem reproduksi Laki-laki?

Ø Tahukah kalian fungsi dari macam-macam organ penyusun sistem reproduksi Laki-laki itu?

Ø Jika kalian belum dapt menjawabnya, mari kita belajar bersama lewat Blog ini!


Alat reproduksi pada Laki-laki terdiri atas sepasang testis, saluran-saluran kelamin, kelenjar-kelenjar tambahan, dan penis.

· Testis merupakan kelenjar kelamin yang berfungsi sebagai penghasil sperma (gamet jantan) dan dan hormon seks Laki-laki yang dikenal sebagai testosteron. Di dalam setiap testis terdapat banyak tubul melingkar yang disusun secara rapat dan padat. Tubul dikenal sebagai tubulus seminiferus. Sperma dihasilkan di dalam tubulus seminiferus. Testis terletak di dalam suatu kantong yang disebut skrotum. Skrotum terdapat di luar tubuh menggantung diluar rongga perut. Ini menyebabkan suhu di dalam skrotum adalah lebih rendah daripada suhu tubuh yaitu 2-3o C. Suhu yang rendah ini amat penting untuk penghasilan sperma yang sehat.

· Saluran reproduksi pada Laki-laki terdiri atas epididimis dan vas deferens.

  1. Epididimis merupakan saluran berkelok-kelok dengan panjang antara 5-6 meter. Di saluran ini cairan sperma diabsorpsi sehingga menjadi agak pekat. Saluran ini berfungsi menyimpan sperma untuk sementara (minimal selama tiga minggu).
  2. Vas deferens merupakan saluran lurus dengan panjang sekitar 40 cm. Saluran ini berfungsi untuk menghubungkan epididimis dengan uretra pada penis. Di bagian ujung saluran ini terdapat saluran ejakulasi.
  3. Saluran Kencimg (Uretra), merupakan saluran akhir reproduksi yang terdapat di dalam penis. Uretra berfungsi sebagai saluran kelamin yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang urin dari kantung kemih.

· Kelenjar tambahan meliputi vesika seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar Cowper.

  1. Vesika seminalis merupakan kantong semen (mani) yang dindingnya menyekresi cairan lendir yang banyak mengandung fruktosa, sedikit asam askorbat, dan asam amino. Bahan-bahan kimia tersebut berfungsi untuk memberi makan dan melindungi sperma sebelum membuahi ovum. Semen adalah cairan yang terdiri atas sperma dan cairan yang dihasilkan oleh berbagai kelenjar tambahan
  2. Kelenjar Prostat merupakan kelenjar berbentuk bulat yang mengelilingi bagian pangkal saluran uretra. Kelenjar ini menghasilkan cairan yang bersifat basa dan berwarna putih seperti susu. Cairan tersebut berfungsi untuk menetralkan sifat asam pada vasa eferentia dan cairan yang ada di dalam vagina sehingga sprema dapat bergerak aktif.
  3. Kelenjar cowper (bulbouretralis), yaitu kelenjar berukuran sebesar butir kacang yang terletak di bagian proksimal (pangkal) uretra. Kelenjar ini menghasilkan cairan mukosa yang berfungsi sebagai pelicin.
  • penis merupakan alat kelamin luar laki-laki yang befungsi untuk memasukkan sperma ke dalam tubuh perempuan

Organ

Fungsi

Tubulus seminiferus dalam testis

menghasilkan sperma melalui pembelahan meiosis

Skrotum

membungkus testis

Epididimis

menyimpan sperma untuk sementara (minimal selama tiga minggu)

Vas deferens

menghubungkan epididimis dengan uretra pada penis

Uretra

menyalurkan sperma dan urine ke luar tubuh

Vesikula Seminalis

memberi makan dan melindungi sperma sebelum membuahi ovum

Kelenjar Prostat

menghasilkan cairan yang bersifat basa dan berwarna putih seperti susu yang berfungsi untuk menetralkan sifat asam pada vasa eferentia dan cairan yang ada di dalam vagina sehingga sprema dapat bergerak aktif

Kelenjar cowper (bulbouretralis)

menghasilkan cairan mukosa yang berfungsi sebagai pelicin

Penis

menyalurkan sperma ke dalam sistem reproduksi wanita

Setelah kalian mempelajari struktur dan fungsi dari macam-macam organ penyusun sistem reproduksi Laki-laki diatas. Dapatkah kalian menjelaskan bagaimana sperma itu diproduksi? Jika kalian belum bisa menjawabnya, mari kita belajar lebih dalam lagi melalui Blog ini!

0 Responses